Saturday, November 19, 2011

TERLALU MANIS : #URBANJAZZCROSSOVER 2011




"terlalu manis untuk dilupakan....
Urban Jazz Crossover 2011"


saya kira The Script adalah konser terakhir yang saya tonton
sampai dengan akhir 2011 ini
namun ternyata nasib berkata lain
di suatu malam, melalui sebuah kuis pada saat streaming di 101 JakFM hari sebelumnya,
saya memenangkan tiket untuk menonton #urbanjazzcrossover
sebetulnya saya pernah melihat selintas iklan tentang acara ini di tol menuju Cawang
dan yang saya ingat betul,
acara ini melibatkan satu nama yang merupakan idola saya sejak lama
KAKA SLANK


(foto oleh @rinabibi , Sabrina Aziz)

singkat cerita saya mengambil tiket pada hari sesudahnya,
hari Jumat 19 November 2011
dengan melalui proses yang cukup panjang
(sedang ada demo di dekat lokasi dan kesasar mencari kantor radio ini)
lalu malam harinya sekitar pukul 7 malam saya sudah berada di Balai Kartini, Kartini Expo
teman saya, Sabrina Aziz tak lama menyusul
nampak banyak wartawan musik yang hadir krn pembahasan diluar gedung seputar UrbanFest yang akan diadakan Sabtu dan Minggu, keesokan harinya

setelah sebelumnya mencari info, saya akhirnya tau bahwa para musisi yang terlibat tak hanya Kaka, melainkan juga David NAIF, Syaharani, Once, Firman, Ira Swara, Raisa, Ras Muhammad, Krisyanto, serta music director Viky Sianipar
acara dimulai pukul 9 malam, dengan menampilan grup akustik yang bermain mirip dengan Mike's pada konser The Script minggu sebelumnya
belakangan saya tau grup ini bernama Jakarta Journey
mereka tampil memukau dengan menyanyikan Mr Brightside dan Use Somebody

layar kemudian berubah menjadi gemerlap dengan
tata lampu yang luarbiasa memanjakan mata
visualisasi ditembak dengan cukup sempurna.
Syaharani memulai dengan lagu Elevation milik U2
kemudian penyanyi pendatang baru, Raisa menyanyikan Sweet Disposition
memang vokal wanita berparas cantik ini tak ada duanya
lalu Firman melanjutkan dengan tembang
Sedang Ingin Bercinta dan Price Tag
vokalis papan atas Indonesia, David NAIF kemudian membawakan Nothin on You, Most Beautiful Girl dan Beautiful Ones..dengan jas merah beludru, David berhasil membuat penonton yang tadinya duduk berdiri berhamburan menuju panggung..salute!

Ira Swara, yang dikenal sebagai penyanyi dangdut kemudian membawakan Cinta Satu Malam, Don't Cha, Primadona dan yang paling fantastis In The End
Raisa kemudian kembali hadir dengan Saat Terakhir..sesaat saya lupa kalo lagu ini dipopulerkan oleh ST12..Raisa sungguh berhasil membawakannya tanpa cela dan membuatnya menjadi catchy dengan penekanan pada "kamu..kamu..kamu"
Ras Muhammad masuk membawakan lagu Bebas
Krisyanto - Syaharani berduet lagu Panah Asmara
Raisa kembali hadir dengan California milik Phantom Planet

Once masuk membawakan Bicycle Race dan secara sempurna menyanyikan lagu lawas milik DEWA19
Aku Disini Untukmu (lagu favorit saya)
All for One dinyanyikan bersama oleh Once, Krisyanto dan Firman
kemudian Krisyanto dengan Rumah Kita nya
dan inilah saatnya, KAKA SLANK muncul dengan jeans dan jas abu2 membawakan tak lain dan tak bukan "Terlalu Manis"
bisa dibilang vokalis ini penuh dengan kharisma dan juga enerjik
hanya seorang Kaka lah yang bisa bernyanyi sambil naik ke atas speaker panggung sambil memutar2 mic dan terlihat sangat santai..LUAR BIASA!
baru kali ini saya melihat performance jarak dekat dari vokalis SLANK ini
benar2 terpukau dibuatnya
setelah itu ending dari UrbanJazzCrossOver ini ditandai dengan duet Kaka dan David menyanyikan Satisfaction lalu semua pendukung acara lainnya masuk ke panggung
yang menarik entah semacam gimmick atau bagaimana, pendukung acara lain membuka jas dari Kaka dan juga kaos dari David sehingga pada akhirnya kedua vokalis ini bernyanyi dengan bertelanjang dada..yah pemandangan apik dari otot2 six pack keduanya,,hahahaha





(foto2 diatas merupakan foto hasil jepretan @rinabibi dikarenakan zoom bb saya yg tdk berfungsi :( Thank You Sabrina Aziz )

overall penampilan dari smua musisi yang terlibat sangat amat baik
membawakan musik yang berbeda, baik dari segi aransemen, genre dan cara membawakan lagu tersebut
bisa dibilang smua musisi memberikan performance terbaiknya
mungkin juga karena Jakarta merupakan
kota terakhir dari rangkaian Urban Jazz Cross Over ini
untuk saya pribadi konser ini sangat menyenangkan krn akhirnya setelah sekian lama saya melihat langsung penampilan dari Kaka SLANK dan David NAIF (*winks to Sabrina*)
dan tak lupa juga musisi muda berbakat dengan suara yang khas, Raisa

seperti yang saya tulis di account twitter saya @pitypiluss :

sungguh memanjakan mata dengan visualisasi luarbiasa dan juga racikan musik lintas genre yg memukau.SALUTE!

sesuai dengan taglinenya : "get ready for a musical experience with a twist" maka acara ini berhasil memberi pengalaman tersendiri dalam menikmati musik lintas genre ini..
benar2 penuh persiapan yang matang dari kostum musisi, visualisasi, aransemen musik dan pemilihan lagu.

salah satu hal yang menyenangkan, membanggakan dan TERLALU MANIS adalah
tweet saya di RT oleh idola saya Kaka SLANK
*super happy*
(@pitypiluss)


i cant wait for ur next performance
kalo bisa ultah SLANK berikutnya
(terakhir saya nonton ultah SLANK ke 20 kalo tidak salah di JCC)

Big Thanks to Sabrina Aziz (@rinabibi)
buat menemani menonton konser ini dan juga foto2 ciamiknya
*hugs*

sampai jumpa di konser tahun 2012
next : Foster The People, 11 Januari 2012


No comments: