Tuesday, April 02, 2013

DEKADE

Pernah berpikir apa yang akan terjadi 10 tahun kedepan?
Yakin banget ini bukan bagian pertanyaan dari interview kerja tentang "ekspektasi" kita di masa depan
Kenapa "ekspektasi" ? ya, karena semua jawaban yang dilontarkan merupakan harapan kita di masa depan dengan tingkat probabilitas yang masih dipertanyakan.

Sebetulnya ide tulisan ini datang dari pertambahan usia yang akan terjadi di tahun ini. 
Ya semua orang termasuk saya, akan mengalami angka 2 digit yang dirasa mulai membuat kita merefleksikan diri.
10 tahun kedepan hanya saya dan Yang Maha Kuasa yang tahu apa yang akan terjadi.
Tapi untuk 10 tahun kebelakang, sudah pasti harus kita syukuri
Kenapa? Karena yang terjadi adalah yang terbaik.
Untuk saya. Untuk kita. Untuk semua.

Saya ingin merefleksikan ada yang terjadi 10 tahun kemarin.
Saat itu mungkin sebuah perayaan ulang tahun menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu.
Dimasa sekolah itu, dengan segala kegiatan sekolah-teater-bimbel-jalan2.
Ditambah akhir pekan yang selalu diakhir selebrasi ulangtahun teman sekelas, teman beda kelas atau teman sepergaulan pun.
Rasanya sungguh senang, dengan baju2 berkilauan, 2digit angka yang melambangkan kedewasaan, identitas diri dalam sebentuk kartu..hahaha oh indahnya.
Nyatanya, fase setelahnya sungguh membuat pusing kepala,
Ujian-ujian yang mengantarkan fase hidup baru, yaitu bangku kuliah.

Bila diingat sungguh lucu bagaimana kisah saya sampai ke bangku kuliah.
Pemilihan tempat kuliah, lokasi kuliah dan juga tempat kost.
Sungguh sangat tidak terduga,
dan disitulah saya,
Ada ditempat yang awalnya tidak saya suka
malah sampai skrg ingin selalu kembali.
Kesana

Pernah saya menulis list tentang goals kedepannya, di tahun terakhir kuliah.
Antara lain, bekerja di stasiun tv itu, kuliah ke jenjang berikutnya dan seterusnya.
Sungguh sebuah cita-cita yang mulia
Pada masa itu.

Saya baru menyadarinya sekarang
"dreams do come true"
10 tahun kemudian, tepatnya skrg
Ada bagian dari list itu, yang sudah saya penuhi
dan ada pula yang sudah diusahakan tapi mungkin nasib berkata lain

Tidak pernah dibayangkan sebelumnya
Bahwa dalam 10 tahun ini banyak hal yang tidak terduga
Dalam hal kehidupan sehari-hari, pertemanan, relationship dan sebagainya
Semua menunjukkan progress yang signifikan

Saya jadi ingat setiap tahun baru, setiap itu pula umur kita bertambah dan senantiasa kita menuliskan resolusi-resolusi di awal tahun.
Setiap orang, dengan setiap resolusi yang ingin diwujudkan, melalui cara mereka masing-masing.
Sadar atau tidak, mungkin resolusi kita tahun kemaren tidak terwujud, bukan tidak sih, lebih tepatnya belum,
dan tahun ini, mungkin saja resolusi itu terwujud, kenapa tidak?

Pastinya menyenangkan membaca resolusi kita dan mengingatnya pada masa 10 tahun kedepan.
Kita akan lebih bijaksana dalam menghadapi kenyataan, mana hal-hal yang sudah terjadi, tidak terjadi dan juga belum terjadi.
Karena semuanya sebenarnya sudah digariskan Yang Maha Kuasa
Percaya bahwa semua yang terjadi itu yang terbaik.
Itu yang harus diingat.

10 tahun kemarin, 10 tahun yang akan datang.
Harus percaya, berdoa, berusaha.
Bahwa semua akan lebih baik lagi.
Baik dan buruknya, itu yang terbaik.

cheers 
xoxo

No comments: