Thursday, June 12, 2014

Day Trippin


Belakangan ini, keinginan untuk pergi ke suatu tempat yang baru sangatlah besar. Dana yang terbatas tidak menyurutkan keinginan untuk berwisata, tepatnya wisata kuliner. Tahun lalu memang beda cerita. Kesempatan untuk pergi ke luar Jakarta sangatlah besar. Gimana ga besar, tiket saja sudah dibeli setahun sebelumnya. Haha. Kali ini karena minimnya biaya, maka wisata kuliner dilakukan di Jakarta saja. Dengan destinasi spesifik, yaitu kawasan Glodok.

Beberapa waktu sebelumnya, saya sempat melihat postingan foto dari teman yang menampilkan kopi es Takie. Seketika itu saya langsung mengajukan beberapa pertanyaan, termasuk halte busway terdekat ke destinasi tersebut. Dengan info beberapa kawan, akhirnya sampai lah saya ke tempat janjian bersama Indri, partner kuliner saya, yaitu di halte busway kota. Sebelumnya saya pertama kali naik Kopaja no 602 dari kawasan Ragunan dan sampai langsung ke Monas. Dari situ disambung busway ke arah Kota dan berhenti di Glodok. Bermodalkan petunjuk dari sesama penumpang busway, kami memutuskan untuk berjalan kaki ke Jln Gloria, tempat kedai kopi itu berada. Dengan memesan 2 gelas kopi es susu, kami menikmati kedai kopi ini. Riuh dengan pelanggan setia yang menikmati santap siang mereka. Selanjutnya, kami menyusuri gang tersebut dan menemukan banyak kuliner yang menggugah selera. Pilihan jatuh kepada gado gado direksi dan juga kari sapi lam. Keduanya sungguh enak terutama kari sapi lam yang menggunakan bihun sebagai alternatif nasi. Setelahnya, kami berkeliling melewati pertokoan dan gang-gang sempit namun padat, padat dengan jajanan hahahaha. Tanpa pikir panjang kami menenggak es cincau yang cukup berbeda penyajiannya karena menggunakan gula putih saja tanpa sirup. Dekorasi kental akan lampion di sepanjang jalan. Sungguh kultur yang menarik. Sayangnya saya tidak berhasil menemukan kuil yang terkenal itu.



Lepas dari Glodok, kami memutuskan untuk ngadem sejenak. Tempat yang dituju adalah Grand Indonesia. Disana ada festival kuliner, Market Museum. Saya sudah mengincar kelapa Kelasi, sajian kelapa muda dengan es dan topping. Kemudian saya juga mencicipi pie mangga dan membawa buah tangan yaitu Stereo Desserts. Sebagai penutup hari kuliner yang menyenangkan. Sedari jam 10 pagi hingga jam 4.30 sore. Bahkan sesaknya busway di sore hari tak menyurutkan kenangan akan trip dalam kota perdana ini. Semoga sehabis ini ada trip trip lanjutan. Mungkin akan ke kota dan galeri nasional. J

No comments: