Friday, January 13, 2012

KICK OFF CONCERT 2012 : FOSTER THE PEOPLE



2012 oh 2012
benar2 tahun penuh ketidakpastian
ketidakpastian krn hari demi hari dilalui
dengan berita konser artis yang akan tampil
jantung mulai berdegup kencang
bagaimana ini oh bagaimana?
rasanya saya sudah mau mengibarkan bendera putih di depan rumah
tanda menyerah pada berita konser2 sepanjang tahun 2012
hahahhaha

Kick off concert 2012 dimulai pada 11 Januari 2011 (bukan judul lagu yang terkenal itu)
sesungguhnya beberapa trend belakang konser bukan dimulai saat konser itu sendiri terjadi
melainkan pada saat hari H pre-sale tiket digelar
semua orang mulai panik menyelamatkan tiket masing2
hahahaha aneh tapi nyata memang
saya sendiri rencananya membeli tiket pre sale yang mulai dijual pada Brightspot Market, 24 November 2011. rasanya rentang waktunya cukup wajar untuk ukuran penjualan tiket pre sale sekitar 2 bulan. rekor saya pecah pada saat konser KAHITNA, September 2011 dimana saya sudah membeli tiket di bulan April 2011
luarbiasa kejamnya kehidupan perkonseran akhir2 ini

Dan akhirnya hari ini datang juga, 11 Januari 2011,
konser grup band bernama FOSTER THE PEOPLE


Saya pribadi sering mendengar lagu andalan mereka, Pumped Up Kicks di radio2 ibukota
dengan frekuensi pemasangan yang cukup sering. selain permainan beat yang cukup unik, seperti halnya yang diperkenalkan oleh Phoenix, Two Door Cinema Club, dan Tokyo Police Club, perhatian saya tersita pada penampilan mereka di Festival Lollapalooza

Saya kebetulan streaming rangkaian artist yang mengisi festival tersebut dan pada saat itu bisa dibilang penampilan grup ini cukup mengesankan. si vokalis berkemeja bernyanyi dgn penuh semangat dibalik keyboard. disitulah pertama kali saya mendengar lagu-lagu lain selain single andalan mereka.

Saya bermimpi pada saat itu, untuk mengunjungi Lollapalooza di tahun berikutnya (2012)
namun ternyata jodoh berkata lain, lewat jaringan linimasa Twitter, Foster The People akan menyambangi Jakarta bulan Januari 2012. tanpa pikir panjang saya membeli tiketnya.
dengan adanya ekspektasi bahwa setidaknya penampilan mereka secara live sama atau bahkan lebih bagus dari Festival Lollapalooza

Maka sampailah saya di Tennis Indoor Senayan pukul 7 malam lewat dengan asumsi jam 8 nya mereka main. band ini diperkirakan akan memainkan smua lagu di album "Torches" jadi kemungkinan besar akan selesai jam 9 mlm (asumsi saya).
sampai di venue, saya dan beberapa kawan serta sepupu saya masuk ke Tennis Indoor dengan sekelibat melihat penampilan Agrikulture di panggung depan. anehnya jam 7.15 festival baru terisi 1/4 nya cukup lenggang memang. kami memilih tempat di sebelah kanan panggung mengarah ke pertengahan ruang festival. terlihat beberapa anak ABG berseliweran disana. hal ini memang tidak dapat dielakkan mengingat trend musik masa kini memang digemari oleh anak2 ABG.

Kira2 pukul 8 kurang penonton mulai maju kedepan dan pukul 8.15 show dimulai lagu pertama yang dimainkan Houdini. cukup mengherankan memang penempatan setlist dari Foster The People. seakan mereka langsung menggeber energi dari band maupun penonton yang sudah mulai berjingkrakan. tata lampu memang cukup mumpuni, namun untuk sound pada lagu pertama ini sangat terdengar agak mendem. kemudian lagu hits mereka langsung dimainkan Miss You, Life on Nickel, I Would Do Anything (lagu favorit saya yang dibawakan secara sempurna), Broken Jaw, Waste, Call It What You Want, Dont Stop, Say It Aint So (lagu milik Weezer), Helena Beat kemudian Encore : Ruby (sangat surprise lagu ini dimainkan mengingat temponya yang cukup slow dan sedikit miris), Warrant dan terakhir lagu yang membuat mereka terkenal Pumped Up Kicks (dimainkan dengan aransemen yang berbeda). nyaris 1,15 jam mereka berhasil menaklukkan publik Jakarta. favorit saya, Call It What You Want, I Would Do Anything For You, Waste dan Pumped Up Kicks tentunya dimainkan.




Yang menarik menurut saya adalah kembali lagi soal cara mereka menata setlistnya. seakan akan membawa penonton seolah kehabisan napas dengan tempo lagu2 awal yang cukup membuat koor panjang dari penonton dan juga menguras banyak tenaga untuk berjingkrakan di awal. sehingga tempo sedikit turun pada lagu Say It Aint So dan kembali meredup di lagu Ruby. ntah kenapa menurut saya setlist ini meskipun kita smua tau akan klimaks di lagu Pumped Up Kicks tapi seolah kurang mengalir.

Bagaimanapun juga saya harus mengapresiasi kemampuan Mark Foster yang sangat santai membawakan lagu2 nya dan seolah larut dari segi lirik maupun pembawaannya. saya cukup menyukai intro speech yang dikatakannya sebelum menyanyikan lagu Waste. sangat pas untuk menggiring kita ke lagu tersebut. sang vokalis pun berujar sebelum menyanyikan lagu dari Weezer bahwa sebelum show dia bertemu dengan seseorang yang menggunakan kaos dari band tersebut dan membuatnya menyanyikan lagu grup band tersebut dalam setlist malam harinya. sungguh salut siapapun orang yg bisa menginspirasi sebuah band untuk menyanyikan lagu favoritnya. pada lagu terakhir, sang vokalis mencondongkan badannya ke arah penonton bagian depan sehingga agak terjadi tarik2an di depan barikade.hahahaha

photos by Dekke



Secara keseluruhan konser Foster The People ini sangat menyenangkan dan saya cukup puas menyaksikan band ini sehingga tidak harus meraung2 memandangi video performance mereka di Lollapalooza.

Suasananya menyenangkan, karena hampir sebagian besar penonton memang mengerti dan hafal lagu-lagu mereka. mungkin juga karena band ini memang sedang hits di kalangan anak muda dan baru mengeluarkan satu album sehingga mayoritas penonton hafal. seperti yang telah disebutkan, meskipun sound agak bermasalah namun penampilan mereka mampu menutupinya (performancenya cenderung rapi). Foster The People mampu membuat penontonnya antusias mendengarkan dan menikmati setiap lagunya sampai2 ada yang nyeker karena kecapean mungkin. sepatunya pun di hentakkan ke udara pada saat lagu Pumped Up Kicks (saya melihat seorang bule melakukan hal tersebut di bagian depan panggung).

Lighting perlu saya puji mengingat pergantian lighting pas dengan lagu yang dimainkan dan entah bagaimana saat difoto menggunakan kamera bb pun warnanya menjadi bagus. ini mengingatkan saya akan konser Phoenix, 2009 yang pernah saya tonton. baik jenis musiknya, suasananya, dan terutama lightingnya yang bisa dibilang mirip.

Yang agak mengganggu jarak pandang saya adalah seorang penonton yang mengibar2 kan kaos sehingga menutupi pandangan penonton di belakangnya. selanjutnya ada pula penonton yang mengabadikan foto melalui telepon seluler dengan ukuran yang cukup besar. mungkin tidak sebagian org mengerti bahwa setidaknya ada sedikit tata krama apabila anda menonton di level jarak pandang yang sama yaitu bagian festival, dimana setiap orang memiliki hak yang sama untuk melihat band/artist yang perform tanpa adanya gangguan dari pihak lain. sekedar saran saja sih, ada baiknya anda menghormati juga hak orang lain yang ada dibelakang anda :D

Sepertihalnya yang saya tulis di account Twitter @pitypiluss :

"kick off concerts of 2012 ..
great performance, wonderful lighting, good crowd, FUN NIGHT!"

Mengutip lirik I Would Do Anything For You, saya pun jatuh cinta pada performance mereka,

"Ooooh la love, I've fallen in love and
it's better this time than ever before..."


xoxo

Thank You Julius Pratama and Dekke
(Pumped Up Kids)


P.S : urutan setlist dapat dilihat di http://www.setlist.fm/setlist/foster-the-people/2012/tennis-indoor-senayan-jakarta-indonesia-23d1644b.html

No comments: